Kamis, 21 November 2013

Jeruk Nipis

Sudah taukan kalau jeruk nipis itu memiliki banyak manfaat, tentunya sudah dong. Beberapa manfaat jeruk nipis antara lain; meredakan batuk, menghilangkan bau badan, mengatasi rambut rontok dan berketombe, mencegah timbulnya jerawat, mencerahkan kulit wajah, dan masih banyak lagi.
Selain manfaat tersebut, jeruk nipis juga bermanfaat untuk mengatasi maag dan sariawan.

  1. Untuk mengatasi Maag
    Banyak orang yang tidak percaya hal ini. Bahkan mereka percaya kalau jeruk nipis akan menyebabkan penyakit maag semakin parah. Kenapa ? karena mereka percaya bahwa rasa asam jeruk nipis membuat penyakit maag semakin parah. Tapi tuggu dulu, sebenarnya jeruk nipis itu bersifat basa, jadi jeruk nipis tidak memperparah penyakit Maag/Asam Lambung. Dan ternyata jeruk nipis malah memiliki khasiat untuk menyembuhkan penyakit Maag. Banyak orang yang telah membuktikannya dan sudah menikmati manfaatnya.
    Caranya dengan meminum air perasan jeruk nipis dipagi hari setelah bangun tidur atau sebelum mengkonsumsi makanan/minuman. Mengkonsumsi jeruk nipis dengan teratur akan mempercepat penyembuhan penyakit Maag yang diderita.
  2. Mengatasi Sariawan
    Pada umumnya orang-orang menggunakan jeruk nipis untuk mengobati sariawan dengan cara meminum airnya langsung. Dapat dibayangkan bukan, betapa perihnya. Selain itu banyak orang yang tidak suka dengan rasanya yang sangat asam.  Nah untuk menghindari perih yang diakibatkan atau rasa yang terlalu asam, kita bisa menggabungkanya dengan masakan.
    Salah satu masakan yang cocok jika diberi perasan jeruk nipis adalah nasi. Jadi, setelah kita selesai mencuci beras yang akan dimasak, beras tersebut diberi perasan air jeruk nipis. Setelah jadi nasi, dapat kita makan tanpa harus merasakan rasa asam yang berlebihan dan rasa perih karena terlalu asam. Selain bermanfaat untuk mengatasi sariawan, aroma nasi juga akan lebih sedap dan rasanya lebih kenyal. Tidak percaya ? coba saja..

    Nurhayati

Tidak ada komentar:

Posting Komentar