Rabu, 20 November 2013

Klasifikasi Makhluk Hidup

Klasifikasi dilakukan untuk mempermudah dalam mempelajari makhluk hidup. Klasifikasi disusun dalam bentuk bertingkat berdasarkan banyak sedikitnya persamaan dan perbedaan yang ada pada  makhluk hidup. Tingkatan-tingkatan ini disebut sebagai takson. Berikut ini merupakan Klasifikasi Makhluk Hidup dari yang tertinggi hingga yang terrendah:
  1. Kingdom/Regnum/Kerajaan
    Kingdom merupakan tingkatan takson tertinggi. Semua makhluk hidup di dunia ini hanya dikelompokkan menjadi dua kingdom, yaitu kingdom Plantae dan Animalia. Karena ilmu pengetahuan semakin berkembang, saat ini makhluk hidup dikemompokkan menjadi enam kingdom, yaitu monera, Protista, Fungi, Plantae, Animalia, dan Virus.
  2. Division(Phylum)/Divisio(phylum)/Divisi/Filum
    Setiap Kingdom dapat dibagi lagi menjadi kelompok-kelompok kecil. kelompok ini pada tumbuhan dikenal dengan divisi, sedangkan pada hewan dikenal dengan filum. Kingdom Plantae dibedakan menjadi beberapa divisi, yaitu Thallophyta, Bryophyta, Ptiridophyta, dan Spermatophyta. Kingdom Animalia dibagi menjadi sembilan filum, yaitu hewan berpori (Porifera), hewan berrongga (Coelenterata), cacing pipih (Platyhelminnthes), cacing giling (Nemathelminathes), cacing gelang (Annelida), hewan lunak (Moluksa), hewan berbuku-buku (Arthropoda), hewan berkulit duri (Echinodermata), dan hewan bertulang belakang (Chordata).
  3. Class/Classis/Kelas
    setiap divisi/filum dapat dipecah lagi menjadi kelompok-kelompok yang lebih kecil yang disebut kelas. Dasar pengelaompokannya menggunakan siri atau sifat yang masih umum. misalnya, sivisi Spermatophyta dibedakan lagi menjadi beberapa kelas berdasarkan perbedaan keping bijinya, menjadi kelas monokotil dan kelas dikotil.
  4. Order/Ordo/Bangsa
    Setiap kelas dibedakan lagi menjadi kelompok-kelompok yang lebih kecil yang disebut ordo. Dasar pengelompokannya adalah ciri atau sifat yang lebih khusus dari ciri yang digunakan sebagai dasar pengelaompokan tingkat kelas. misalnya, kelas monokotil dapat dibedakan menjadi beberapa ordo, diantaranya ordo rumput-rumputan (Poales), rumput teki (Cyperales), jahe-jahean (Zingiberales), bankung-bakungan (Liliales), dan pandan-pandanan (Pandanales).
  5. Family/Familia/Suku
    Berdasarkan ciri atau sifat yang lebih khusus, setiap ordo dapat dibedakan lagi menjadi beberapa famili. Misalnya, ordo Liliales dapat dibedakan menjadi famili lili-lilian (Liliaceae), dan amarilis (Amaryllidaceae).
  6. Genus/Marga
    Setiap famili dapat dibedakan lagi menjadi kelompok-kelompok yang lebih kecil yang disebut genus. Anggota-anggota genus memiliki persamaan ciri yang banyak bila dibandingkan tingkatan takson di atasnya. Misalnya, famili Liliaceae terbagi menjadi, genus lili (Lilium), lidah buaya (Aloe), dan bawang-bawangan (Allium).
  7. Species/Jenis
    Species merupakan tingkatan takson terrendah dalam klasifikasi. Setiap genus dapat memiliki beberapa species. Misalnya, genus Allium memiliki dua species, yaitu Allium cepa (bawang merah) dan Allium sativum (Bawang putih).
sumber: http://books.google.co.id/books?id=FVkLwAwvKugC&pg=PT59&lpg=PT59&dq=spesies+jenis+kingdom+ipa&source=bl&ots=ZO6nQoNDYl&sig=ulv-XOgIz5HuxcqueSEV1woqrrc&hl=id&sa=X&ei=KUCNUrfaE9CQ4AS62YC4Cw&redir_esc=y#v=onepage&q=spesies%20jenis%20kingdom%20ipa&f=false


Tidak ada komentar:

Posting Komentar